Presiden Amerika Serikat Barrack Obama yang Masih Menyempatkan Waktu Luangnya Untuk Bermain Golf. (Source telegraph.co.uk)

Orang orang yang bermain golf atau golfer itu sendiri mempunyai kecenderungan hidup lebih lama. Sebuah penelitian besar menemukan bahwa jika kita bermain golf secara rutin akan membantu mencegah dari 40 penyakit kronis seperti Diabetes, kanker payudara dan kanker usus besar.

Para peneliti mengulas 5.000 studi tentang golf dan kesejahteraan dan menyimpulkan bahwa olahraga ini memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan fisik dan kesehatan mental bagi orang orang segala usia dan bahkan dapat meningkatkan harapan hidup 5 tahun lebih lama.

Keseimbangan tubuh dan daya tahan otot pada orang tua meningkat ketika mereka bermain golf dan juga meningkatkan kinerja otot pada kardiovaskular, pernafasan dan kesehatan metabolik. Golf juga menurunkan resiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe2, kanker colon (usus besar), kanker payudara dan stroke serta membantu mengurangi resiko kecemasan, depresi dan demensia.

Ketua peneliti Dr Andrew Murray dari pusat penelitian kesehatan fisik Universitas Edinburgh mengatakan bahwa bukti golfer hidup lebih lama dari non-golfer adalah kadar kolesterol dalam tubuh golfer jauh lebih rendah dibandingkan non-golfer, komposisi tubuh golfer mulai dari otot otot, kerangka tulang yang membentuk sempurna sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit. Olahraga ini menurut Murray juga menghindari dari stress, hamparan rumput yang hijau layaknya sebuah terapi beserta udara segarnya secara tak langsung membawa golfer tersebut ke dalam momen relaksasi.

Dr.Murray menambahkan bahwa saat ini populasi orang yang bermain golf sebanyak 55 juta orang atau kira kira 1 % dari total penduduk di bumi. Penting untuk diberitahukan bahwa olahraga ini bisa dimainkan dari usia 4 tahun sampai 70 tahun lebih dan sudah saatnya stigma tentang golf olahraga elit, mahal dan khusus untuk member dihilangkan karena semua orang berhak bermain golf dan mendapatkan manfaat dari bermain golf tersebut.

(dwi)

LEAVE A REPLY