Handicap adalah suatu ukuran angka (numerik) untuk menghitung kemampuan permainan pegolf pemula atau amatir dengan menghitung nett score dari jumlah strokes (pukulan). Dengan kata lain, handicap golf bertujuan untuk mengukur seberapa baik kemampuan anda dalam permainan golf. Penghitungan handicap tidak digunakan dalam turnamen dan oleh pegolf profesional.

Kebijakan penghitungan atau penentuan handicap setiap negara bisa berbeda. Kebijakan penghitungan atau penentuan handicap itu sendiri diatur oleh masing-masing klub golf atau asosiasi golf nasional negara tersebut.

Semakin besar handicap si pemain maka semakin kecil pula kemungkinan si pemain untuk bermain dengan pemain yang mempunyai handicap lebih rendah. Dengan demikian sistem handicap ini memungkinkan pemain dengan tingkat kemahiran berbeda untuk bermain dalam satu turnamen atau kompetisi untuk adu kemampuan bermain golf. Dengan mengetahui handicap sendiri, anda mempunyai kemungkinan untuk bermain dengan pegolf yang lebih hebat dari anda.

Angka yang dihitung dalam handicap mempunyai formula yang rumit dimana skor gross harus disesuaikan dengan  tingkat kesulitan padang golf. Semakin rendah angkanya, maka semakin baiklah kemampuan pegolf tersebut. Handicap dijadikan dasar penghitungan dimana kemampuan pemain dan lapangan bermain juga disesuaikan dengan handicapnya.

Bila anda ingin meresmikan handicap golf, anda bisa mendapatkannya melalui organisasi golf yang resmi. Misalnya USGA (States Golf Association). Untuk menentukan handicap jumlah pukulan (strokes) dalam satu putaran permainan dan tingkat kesulitan golf sangat mempengaruhi handicap. USGA menerapkan slope rating untuk setiap set tee pada setiap lapangan. Jumlah ini kemudian dimasukkan ke dalam rumus menghitung handicap golf.

Slope rating juga digunakan untuk menentukan jumlah pukulan (stroke) yang diperoleh seorang pegolf pada course tertentu. Handicap golf seseorang dan slope rating adalah input untuk rumusan yang menentukan handicap. Perbedaan handicap golf seseorang juga ditentukan oleh tingkat kesulitan course itu sendiri. Karena tidak semua course memiliki tingkat kesulitan yang sama, umumnya handicap seseorang lebih relevan untuk diterapkan pada course tempat pegolf bermain.

Dalam pengaturan turnamen, handicap masing-masing pemain digunakan untuk gross score, dan net score digunakan untuk menentukan pemenang. Dalam handicap, ada juga terminologi scratch golfer yang ditujukan bagi seseorang dengan handicap 0 atau lebih kecil dari 0.

Ada dapat kunjungi informasi Handicap di cepamagz.com

Formula mencari Hcp lapangan = Hcp index  X Slope Rating Lapangan Golf/113

sumber www.cepagolf.com