Lomba Ayo Menulis

Fakta Menakjubkan Caddy Golf  – Yoyo Wijianto

Kapan kali terakhir Anda mendengar istilah “caddy”? Bagi mereka yang awam, pembelajaran yang dialami seorang caddy bernama RJ yang kemudian dihubungkan dengan kasus yang menimpa mantan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi AA pada tahun 2009, mungkin itulah kesan yang dipahami tentang Caddy berikut kontroversinya. Sangat disayangkan, jika pandangan tentang caddy hanya sebatas itu. Padahal, layaknya sebuah profesi, caddy adalah suatu pekerjaan mulia yang mengedepankan nilai-nilai kredibilitas dan profesionalitas. Mau tau faktanya?

Tak sekedar cantik atau seksi

Bermodalkan penampilan yang menarik cukupkah untuk menjadi seorang caddy? Hm, ternyata Anda salah! Peranan caddy bukan semata memandu dan mendampingi pemain golf di lapangan. Lebih dari itu,  seorang caddy meski  mampu memberikan masukan terhadap laju permainan serta dukungan moral untuk pemain yang didampinginya. Caddy punya beban moral yang tinggi. Ia harus pandai memberikan pujian, memacu semangat dan memahami mood pemain. Tidak mudah, bukan?

Dalam kondisi lapangan yang sejuk dan vitalitas prima, seorang pemain golf mungkin memiliki mood bermain yang baik. Namun, bagimana jika seketika mood mereka menurun lantaran sesuatu hal? Nampaknya dalam hal ini peranan caddy harus dipertaruhkan. Ia harus mampu memahami suasana hati pemain dan memberikan motivasi agar si pemain tetap eksis dengan strategi permainannya. Bukan sekedar senyum, caddy juga harus dapat membangkitkan emosional pemain untuk lebih semangat dan cermat dalam setiap tahapan yang dilalui oleh seorang pemain golf.

Cerdas adalah tuntutan bagi caddy

Caddy harus cerdas dalam menguasai peraturan golf, mengetahui seluk-beluk padang golf sembari memberikan saran berupa strategi bermain yang paling jitu. Salah satunya, caddy dituntut memiliki kecermatan menganalisa jarak antar lubang dan pemilihan tongkat golf yang sesuai. Kalau sudah begini, artinya tidak semua perempuan yang sekedar cantik atau seksi dapat dengan mudah menjadi caddy. Yang lebih mencengangkan lagi, ternyata seorang caddy harus mampu menganalisa cuaca dan arah angin agar permainan dapat berjalan mulus sesuai harapan.

Berdasarkan sumber yang dilansir dari wikipedia.org, tercatat ada sebuah kisah yang menarik perhatian kita. Adalah Miles Byrne, caddy yang mendampingi Ian Woosnam dalam di ronde final turnamen berkelas Professional Golfers Association (PGA), hanya karena keteledorannya dalam menghitung tongkat golf yang dibawanya dalam tas, membuat skor Woosnam mendapat tambahan dua pukulan penalti, dan akibatnya hanya selesai di urutan ketiga.

Pendapatan caddy menggiurkan

Pendapatan caddy memang dibilang cukup menggiurkan. Untuk uang tips saja, seorang caddy setidaknya mendapat 100.000 rupiah dari seorang pemain, itu baru uang tips saja, belum termasuk gaji bulanan mereka. Tapi itu wajar, pendapatan caddy yang menggiurkan memang diimbangi dengan tugasnya yang cukup berat. Selain harus cerdas, caddy juga memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap keberhasilan pemain.

Lebih dari itu, tentu tidak semua pemain golf menggunakan standarisasi baku dalam memberikan tips. Namun dalam beberapa kebiasaan, nominal tips seperti disebutkan di atas seperti menjadi budaya ‘minimal’ sebagai bentuk penghargaan atas pekerjaan yang dilakoni caddy. Beberapa, bahkan memberikan rupiah ‘lebih’ kepada caddy. Besar kecilnya pendapatan caddy tentu selaras dengan kemampuan caddy dalam setiap kinerjanya.

Mendorong …

Mendorong trolley berkilo-kilo meter

Pada area golf yang tidak tersedia golf cart, caddy harus berjalan kaki menarik trolley tempat untuk menyimpan golf bag. Jika satu permainan terdiri 18 hole yang jauhnya berkilo-kilometer, maka seorang caddy harus mengeluarkan banyak sekali energi.  Tapi jangan khawatir, untuk arena golf yang sudah tersedia golf cart, pemandangan yang demikian tidak akan nampak. Namun, tetap saja seorang caddy harus memiliki stamina yang oke agar tetap eksis di lapangan.

Pakaian caddy harus seksi?

SALAH : Pakaian caddy tidak selalu terbuka

Nampaknya Anda keliru. Pandangan seseorang terhadap istilah seksi sebenarnya beragam, tergantung sejauh mana seseorang menilai. Jika Anda beranggapan bahwa caddy meski mengenakan pakaian yang ketat dan terbuka serta mengenakan high heels, mungkin pemahaman itu perlu dirubah. Umumnya, caddy mengenakan pakaian tertutup dengan topi melebar untuk menutupi area wajahnya guna menghalau terik matahari. Sekarang coba bayangkan, jika seorang caddy dituntut memakai pakaian terbuka di terik mentari, tentu akan menjadi pekerjaan yang membebani, terlebiih bagi mereka yang merupakan kaum Hawa.

Syarat menjadi caddy melalui serangkaian test ketat

Layaknya sebuah pekerjaan profesional, untuk menjadi caddy harus melewati berbagai tahapan test, mulai test tertulis, berat badan, tinggi badan dan sebagainya. Dan jangan salah, karena caddy adalah pekerjaan yang menuntut kinerja yang baik, maka pendidikan dan pelatihan untuk calon caddy juga disediakan oleh beberapa lembaga. Salah satunya adalah Lembaga Pendidikan dan Keterampilan (LPK) Ilham Mantama, sekolah calon caddy di kawasan Cibubur ini memberikan pelatihan bagi calon caddy yang profesional dan terlatih. Tertarik untuk mengikuti?

Kesan ‘miring’ caddy yang tidak selalu benar!

Bagi mereka yang belum mengetahui seluk-beluk permainan golf mungkin akan sebegitu mudahnya menduga bahwa menjadi caddy sangat riskan dengan pendapat-pendapat miring. Padahal, semua kita kembalikan lagi kepada pribadi masing-masing orang. Tidak hanya caddy, profesi apapun jika dilakukan oleh orang dengan misi yang tidak baik, tentunya akan menjadi hal yang tidak baik pula. Hal yang demikian adalah dugaan miring yang perlu disingkirkan. Artinya, setiap pekerjaan yang menuntut profesionalitas dan diimbangi dengan moralitas, tentunya akan menghasilkan sesuatu yang baik pula.

Demikian beberapa fakta menarik tentang caddy dalam permainan golf. Hikmahnya, menjalani kehidupan dengan memilih profesi apapun, tetap saja membutukan profesionalitas dan dedikasi yang tinggi. Semakin profesional dan bermartabat, maka akan berimbas pada diri sendiri, baik itu kepercayaan, penghargaan bahkan pendapatan. Pekerjaan apapun jika dilakoni dengan semangat dan kinerja yang baik, hasilnya juga akan baik. Semoga pengalaman berharga ini dapat meninspirasi kita semua untuk melakukan hal-hal terbaik dalam hidup kita. Setuju?

Cepamagz.com