Rehabilitasi cedera punggung yang saat ini dijalani oleh Jason Day, memaksanya harus menarik diri dari dua turnamen pada bulan November nanti. Kedua turnamen yang gagal diikuti oleh pegolf nomor satu dunia ini adalah World Cup of Golf dan Emirates Australia Open yang keduanya berlangsung di Negara Jason Day.

Seperti dijadwalkan sebelumnya Jason Day diharapkan mampu untuk mempertahankan gelar World Cup bersama Adam Scott yang akan berlangsung di Kingston Heath, Melbourne pada 24 – 27 November atau tepat seminggu setelah Day bermain di National Open yang akan berlangsung di Sidney.

Tapi cedera punggung yang Day alami saat menjelang berakhirnya musim PGA Tour 2016 yang memaksanya juga harus mundur dari BMW Championship dan Tour Championship. Jason Day sendiri disarankan untuk beristirahat hingga awal 2017.

Berharap kembali menuai kesuksesan di tahun ini Jason Day harus dihadapkan dengan perjalanan panjang ke Australia jika ingin tetap tampil di dua turnamen ini.

“Saya menyesal bahwa saya tidak dapat pulang ke Australia tahun ini. Saya berharap untuk bisa bermain di Autralia Open dan bekerja sama dengan Adam Scott pada salah satu program favorit saya di Kingston Heath pada minggu berikutnya di World Cup,” kata Jason Day seperti dikutip dari PGA Tour.

“Saya hanya mampu memberikan doa bagi semua yang akan bertanding di Australia Open dan tentunya untuk Adam dan tim Australia di World Cup Melbourne. Dan saya sangat menghargai pemahaman dan kesabaran dari fans saya di Australia.”

Selain itu, Jason Day juga terpaksa mengundurkan diri dari pertandingan amal yang direncanakan bersama mantan pegolf nomor satu dunia Rory McIlroy yang akan berlangsung di Filipina pada 29 November.

Dengan tajuk “The Battle for a Cause” Jason Day dijadwalkan untuk mengumpulkan dana yang signifikan di tanah air ibunya.

“Saya cukup sedih saat kehilangan momen untuk perjalanan ke Filipina. Saya sebenarnya memiliki rencana untuk mengajak ibuku kembali ke rumahnya di Filipina untuk mengunjungi tempat dimana kami kehilangan anggota keluarga kami karena topan,” imbuh Jason Day.

Sementara itu Adam Scott diberikan kebebasan untuk memilih pasangan yang akan menemaninya nanti di World Cup of Golf 2016.

(khs)