Setiap cabang olahraga memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya, tak terkecuali golf. Banyak kalangan yang mengatakan bahwa olahraga ini membutuhkan modal besar untuk membeli peralatannya saja. Untuk satu set peralatan golf berisi 14 stick atau club kira kira berharga 25 juta. Lalu apa saja macam stick golf dan kegunaannya

  1. Wood
    club 1
    Wood adalah club golf yang digunakan untuk jarak yang paling jauh (dari 200 sampai 350 yard). Dulunya kepala club ini benar benar menggunakan kayu seperti namanya, namun seiring perkembangan olahraga ini, bahan yang digunakan sekarang dari besi metal, titanium dan logam lainnya. Kepala club yang besar dan bulat, dengan dasar yang datar untuk memukul bola melesat ke atas tanah. Driver atau Wood-1 digunakan untuk pukulan terjauh, sedangkan wood-3 atau wood-5 dibuat untuk bola jatuh ke area fairway.
  2. Ironclub 2
    Iron memiliki kepala club yang terbuat dari logam dan biasanya dipakai golfer ketika bola mereka kurang dari 200 yards dari green. Dengan nomer 1 sampai 9, iron memiliki kemiringan derajat lebih besar daripada wood, dengan iron-9 paling besar derajat kemiringannya. Iron 1,2 dan 3 disebut long irons dan derajat kemiringannya kecil yang membuat bola melesat terjauh. Iron 4,5 dan 6 disebut middle irons dan digunakan ketika bola dipukul untuk jarak kira kira 150 – 170 yards dari hole. Iron yang lebih pendek (7,8 dan 9) untuk membuat bola melesat ke udara. Normalnya untuk golfer, di dalam bag golfnya terdapat iron-3 sampai iron-9 saja.
  3. Hybridsclub 3
    Hybrids club adalah kombinasi dari iron dan fairway wood. Wajah club hybrids mirip dengan iron tetapi kepala clubnya bulat seperti wood. Club hybrids dibuat dengan pusat gravitasi yang lebih jauh ke belakang dan lebih rendah daripada iron membuatnya lebih fleksibel digunakan daripada iron atau wood itu sendiri.
  4. Wedges
    club 4Wedges digunakan untuk memukul bola dan membuatnya terbang tinggi ke udara sebelum mendarat ke permukaan putting green. Club ini memiliki kemiringan derajat paling lebih tinggi daripada yang lain. Pitching wedges memiliki kemiringan antara 46 sampai 51 derajat dan lob wedges memiliki kemiringan 64 derajat. Golfer biasanya menggunakan pitching wedges ketika mwmukul bola sejauh 130 yards ke green, dan sand wedges untuk mengeluarkan bola dari bunker dan rumput yang sangat tinggi.
  5. Putter
    club 5
    Club ini merupakan yang paling menentukan untuk seorang golfer. Digunakan untuk menggelindingkan bola sepanjang green dan memasukannya ke hole. Putter memiliki beberapa ukuran dengan ukuran standarnya sekitar 33 – 35 inci.Standarnya golfer dalam bag golfnya terdapat 14 club, biasanya terdiri 2 wood, 7 iron, 1 hybrids, 3 wedges dan 1 putter.

club tabel

(dwi)