M. Rifqi Alam Ramadhan

KEJUARAAN NASIONAL GOLF JUNIOR INDONESIA 2015
Rifqi Alam Ramadhan di Puncak Leaderboard, Ribka Vania di Posisi Pertama Klasemen Putri

Hari Pertama

DEPOK, 27 January  – Kejuaraan Nasional Golf Junior Indonesia pada tahun ini menempati agenda pertama dalam kalender even PB PGI. Dimainkan di tempat yang sama seperti Kejurnas sebelumnya yaitu di lapangan golf Emeralda yang merupakan lapangan golf dengan tingkat kesulitan cukup tinggi dan jarak yang cukup panjang membuat persaingan di tiap kelas sangat menarik untuk disimak. Piala Bergilir Kejurnas kali ini akan diperebutkan oleh pemain junior yang memulai permainannya dari tee hitam (putera) dan dari tee biru (puteri). Di hari pertama 27 January 2015 akan berlaga masing-masing Kelompok Putera dan Puteri Kelas A dan B. Sementara itu untuk Kelas C dan D akan dimainkan di hari kedua dan ketiga.

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Golf Junior Indonesia 2015 pada hari ini, 27 January, telah menyelesaikan putaran pertama (18 hole). Di kelompok putra kelas A (U15-17) yang memperebutkan Piala Bergilir Kejurnas, M. Rifqi Alam Ramadhan menempati posisi teratas leaderboard. Pegolf dari PengProv DKI Jakarta ini bermain cakap dengan skor 69 (3 under) putaran pertama hari ini.

“Hari ini sebetulnya lapangan tidak terlalu sulit tetapi iron shot saya sedang kurang bagus,” jelas pegolf yang baru memasuki usia 17 tahun tersebut. Rifqi optimistis bisa mempertahankan keunggulan di hari pertama sampai 2 hari sisa pertandingan asalkan cuaca mendukung dan tidak ada pemain di kelas yang sama mengalami “on fire” di hari kedua atau ketiga

Posisi Rifqi memang belum sepenuhnya aman karena jaraknya dengan peringkat kedua tidak terlalu lebar. Naraajie Emerald Ramadhanputra yang menempati posisi kedua sementara ini tertinggal hanya 2 stroke dari Rifqi. Pegolf asal PG Bandung tersebut bermain 71 (1 under).

Peringkat ketiga diisi Kevin Akbar Cesario dengan skor 73 (1 over par). Kevin tampaknya telah berhasil mengatasi kelelahan yang menghinggapi dirinya. Pegolf asal Jakarta Golf Club ini menempel ketat posisi Naraajie dan berpeluang juga menyodok Naraajie serta mengejar posisi Rifqi apabila di hari selanjutnya ia mampu membukukan catatan permainan yang mengungguli Naraajie

Sementara itu di kelompok putera kelas B, posisi teratas ditempati oleh Grady Santoso dari Imperial Klub Golf Banten dengan skor yang cukup luar biasa yaitu 4 under (4 di bawah par, 68). Sementara di tempat kedua secara mengejutkan diisi oleh Alfred Raja Sihotang, yang seharusnya masih di kelas C tetapi memutuskan untuk “naik kelas” bermain di tee box biru bersama dengan kelas B putera. Alfred tanpa diduga mencatatkan skor 1 under (1 di bawah par, 71). Sehingga jarak yang dibuatnya terhadap posisi teratas di kelas B terpaut 3 stroke. Tempat ke tiga diambil oleh Aqil Widyantoro dari Klub Pondok Indah dengan skor 72 (par). Sementara posisi ke empat ditempati oleh Dominikus Glenn yang mencatat skor 73 (1 over). Tampaknya pertarungan ketat bakal terjadi esok di hari kedua pada kelas B putera, dimana Alfred, Aqil dan Dominikus Glenn hanya terpaut masing-masing 1 stroke dan berpeluang besar untuk mengungguli satu sama lainnya.

Sementara itu di Kelompok A Puteri, tercatat Ribka Vania berada di posisi teratas Leaderboard dengan skor 75 (3 over). Sementara di tempat kedua ditempel oleh Michela Tjan dengan skor 76 (4 over) Dan posisi ketiga ditempati dua orang dengan skor masing-masing 78 (6 over) yaitu Inez B. Wanamarta dari Surabaya dan Rivani A. Sihotang dari DKI Jakarta. Rivani, yang mana pada Kejurnas sebelumnya meraih Piala Bergilir Kejurnas Puteri, hari ini tampaknya Rivani masih belum menemukan tempo permainannya sehingga belum dapat mencatat hasil yang maksimal. Sekalipun begitu masih ada peluang bagi Rivani untuk mengejar ketertinggalannya di hari pertama apabila di sisa dua hari berikutnya ia dapat bermain dengan cemerlang sehingga dapat meraih kembali Piala Bergilir Kejurnas Junior Puteri yang diperebutkan khusus untuk pegolf puteri yang bermain dari tee biru.

Besok, 28 January, Kejurnas Golf Junior Indonesia 2015 memasuki putaran kedua bagi pegolf junior kelas A dan B putera puteri. Sementara bagi pegolf junior kelas C dan D yang bermain 36 holes akan memulai putaran pertamanya di siang hari pukul 10:40 WIB.
Seluruh pegolf kelas A dan B akan menjalani tee time pagi. Tee off grup pertama kelas A dan B dimulai pukul 06.30 WIB di Tee 1 dan 10, sedangkan tee off grup pertama kelas C dan B dimulai pukul 10:40 WIB. Total peserta yang bermain adalah 98 pegolf (69 putra dan 29 putri).

sumber: pbpgi.org