Aturan lokal baru telah diumumkan pada hari Kamis oleh USGA dan R&A, yang telah menghapus pemberian hukuman bagi gerakan bola yang disengaja atau penempatan penanda bola saat di green.

Aturan lokal ini meliputi “gerakan oleh pegolf, rekannya, lawannya, atau caddies ataupun dari peralatn mereka.” Ketika itu terjadi, bola harus diganti dan dimainkan dari posisi sebelumnya.

Namun, jika gerakan bola disebabkan oleh angin, air, atau yang disebabkan oleh faktor alam lainnya, bola harus dimainkan dimana bola tersebut berada.

Aturan ini sendiri sudah diberlakukan pada saat US Open 2016, saat Dustin Johnson tidak dihukum ketika bolanya berpindah ke green pada hole 5 Oakmont pada pertandingan final round. Johnson tetap mempertahankan bolanya karena merasa tidak menyebabkan bolanya bergerak, namun USGA akhirnya memberikan hukuman pengurangan satu stroke setelah mempelajari kejadian tersebut melalui video.

Johnson pun tetap mampu menyelesaikan sisa tujuh hole setelah diberitahu pada hole 12 bahwa para pejabat pertandingan telah meninjau insiden tersebut. Dan pada akhirnya Johnson masih mampu meraih gelar mayor pertamanya meskipun bermasalah setelah mengakhiri pertandingan dengan selisih tiga stroke yang tidak akan terpengaruh meskipun Johnson mendapat hukuman pengurangan satu stroke.

“Saya pikir itu hal yang benar-benar baik untuk golf,” kata Johnson dikutip dari sms yang dikirimkan Johnson ke Associated Press.

Senior Director USGA untuk peraturan golf dan status amatir, Thomas Pagel mengatakan bahwa keputusan untuk menghapus hukuman tersebut dikarenakan keprihatinan tentang sulitnya menerapkan aturan. Dia juga menambahkan bahwa revisi tersebut telah di bahas beberapa kali.

USGA dan R & A telah bekerja pada Rules Moderation project dalam lima tahun terakhir.

“Perubahan ini adalah contoh yang baik dari jenis Aturan perubahan Modernisasi, kami berharap untuk menerapkan setelah menyelesaikan semua penjelasan dasar tentan aturan,” kata Pagel. “Kami mencari cara untuk meningkatkan aturan dengan membuat mereka lebih mudah untuk dipahami dan diterapkan.”

Aturan lokal baru sendiri baru berlaku pada 1 Januari mendatang.

(khs)

LEAVE A REPLY